Menggali dan mengembangkan potensi anak

Anak yang sehat dan cerdas membutuhkan pertumbuhan dan perkembangan otak, fisik, dan stimuli yang baik. Kecerdasan seorang anak 20 30 persen berasal dari genetik. Sisanya berasal dari sensor, motor sosial, emosi, dan stimulus intelektual.”

Mengenali & Mengembangkan Potensi Anak dengan Kesukaran Belajar
Survey menunjukkan bahwa 54% permasalahan yang terjadi pada siswa SD, merupakan permasalahan kognitif atau yang berkaitan dengan kesukaran belajar

Ada lima potensi yang harus dikembangkan dalam mendidik anak.

  • Potensi spiritual.
  • Potensi perasaan.
  • Potensi akal
  • Potensi sosial
  • Potensi jasmani.
 menyediakan alternatif sarana bermain lain yang lebih edukatif, misalnya dengan menambah koleksi buku, dan alat menggambar.
 
Ada 9 langkah yang harus kita lakukan sebagai orang tua

1.  Syukuri anak sebagai karunia terbesar.

2.  Buatlah dia merasa dicintai. dikasihi dan disayangi

3.  Pahami dan hargai setiap anak sebagai individu yang unik

4.  Bangkitkan minat dan motivasi belajarnya

5.  Beri kesempatan untuk memilih dan membuat keputusan

6.  Doronglah anak mencari informasi di luar rumah

7.  Jangan matikan harapan dan cita-cita anak

8.  Tunjukkan penghargaan dan penghormatan kepada usahaupun tampaknya sepele

9.  Jalin hubungan yang kondusif antara orang tua, sekolah dan lingkungannya

Penjelasan lebih jauh tentang anak

. Anak akan merasa nyaman, terlindungi jika orang tua selalu menyayanginya, melindunginya, menolongnya dan selalu ada disampingnya jika anak dalam kondisi membutuhkan. Buat perasaan anak nyaman dan benar-benar mencintai orang tua dan merasa dicintai pula.

. Setiap anak adalah unik, karena perilaku anak memang khas dan dapat melakukan hal-hal yang tidak terduga. Setiap anak adalah mempunyai karakter tersendiri. Oleh karena itu, setiap orang tua sepatutnya memahami sehingga orang tua akan sadar terhadap keunikannya tersebut.

. Orang tua harus pandai membangkitkan motivasi anak dan  minatnya pada kegiatan dan belajarnya. Dengan anak semakin termotivasi maka anak akan menyadari bahwa ia bisa mengembangkan kemampuannya.

. Berilah kesempatan anak untuk berani memilih dan membuat setiap keputusan yang akan dijalaninya. Berilah kepercayaan anak untuk membuat keputusan sendiri dalam melakukan setiap kegiatan atau belajarnya. Berilah keleluasaan anak untuk berani memilih diantara pilahan. Orang tua bisa membantu bagaimana pihan yang baik itu sehingga anak tidak terjebak pada hal-hal yang negatif.

. informasi sangat penting untuk menunjang kemampuan kita. Doronglah anak kreatif untuk mencari kebutuhan informasi yang menunjang potensinya. Bisa dimulai dengan informasi tokoh-tokoh yang sukes pada bidangnya atau bagaimana supaya bisa menjadi sukses tersebut.

. Hargai setiap pilihan cita-cita anak. Orang tua jangan terlalu memaksakan pilihanya sehingga anak akan merasa tidak bersemangat lagi untuk meraih harapan dan cita-citanya. Jangan sampai orang tua malah mematikan harapan anak dan mencela setiap pihan cita-cita anak.

. Berilah penghormatan kepada setiap yang dikerjakan anak, sehingga anak akan merasa tersanjung dan  anak. Hargailah setiap yang dilakukan anak walau sekecil mungkin, jangan meremehkan yang dilakukan anak waladihargai jerih payahnya.

. Sukses tidaknya potensi anak juga tergantung dengan kondisi sekitarnya baik itu dirumah, disekolah maupun lingkungannya. Maka dari itu jalinlah hubungan yang harmonis dan membangun sehingga semuanya bisa selaras untuk bersama-sama mewadahi potensi anak agar berkembang dan terus meningkat.

One thought on “Menggali dan mengembangkan potensi anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s